Fingerprint Sensor Pada Smartphone Canggih

Dewasa ini, fitur fingerprint atau sensor sidik jari menjadi salah satu fitur yang diunggulkan oleh kebanyakan produsen smartphone. Tetapi tak sedikit orang yang masih belum mengetahui apa itu sensor sidik jadi atau fingerprint dan bagaimana ia berfungsi.

Fingerprint sendiri berfungsi untuk membuka kunci layar smartphone yang digunakan hanya dengan menempelkan jari kita pada sensor sidik jari tersebut, keistimewaannya adalah tidak ada orang yang dapat membuka lunci layar selain pemilik handphone sendiri.

Inilah yang menjadi poin plusnya. Selain meingkatkan keamanan, fingerprint sensor juga mempersingkat waktu anda dalam membuka kunci handphone.

Tetapi dalam beberapa kasus, ada sebagian orang yang memiliki kelainan pada daerah telapak tangannya berupa keringat pada telapak tangan yang berlebihan. Hal ini menyebabkan ia tidak dapat menggunakan sidik jarinya secara maksimal pada sensor. Terkadang ia dapat menggunakan sensor yang ada, namun terkadang sensor seperti tidak berfungsi. Yang lebih parah adalah ketika sidik jari seseorang tidak terbaca sama sekali.

Tenang saja, untuk mengatasi hal tersebut smartphone yang memiliki fitur fingerprint telah menambahkan screen lock manual. Jadi ketika sensor tidak berfungsi anda masih dapat menggunakan smartphone tanpa hambatan.

Letak sensor sidik jari pada setiap handphone berbeda-beda. Ada yang meletakannya di bagian belakang handphone, ada pula yang meletakkannya di bagian tombol home atau tepat di bawah layar. Bentuknya pun berbeda-beda. Ada yang kotak da nada pula yang berupa lingkaran. Tetapi hal ini tidak mempengaruhi fungsinya sebagai fitur unggulan.